Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Alat Kelengkapan DPRD Jatim Berubah, Empat Ketua Fraksi Diganti

28 Apr 2017 // 18:14 // HEADLINE, POLITIK & PEMERINTAHAN, PROVINSI

gedung-DPRD-Jatim3

SURABAYA (suarakawan.com) – Empat ketua fraksi di DPRD Jatim diganti. Pergantian tersebut ditetapkan dalam rapat Paripurna pada Jumat (28/4).

Adapun alat kelengkapan DPRD Jatim yang berupa yaitu struktur Fraksi, diantaranya Ketua Fraksi Partai Demokrat yang semula Hartoyo diganti Agus Dono Wibawanto, ketua Fraksi Partai Gerindra dari Abdul Halim diganti Hadinuddin, ketua Fraksi PAN semula diduduki Malik Effendi diganti Agus Maimun, sedangkan ketua Fraksi PKB yang semula dijabat Badrut Tamam diganti oleh Thoriqul Haq.

Wakil Ketua DPRD Jatim Tjutjuk Sunario menerangkan, pergantian ketua fraksi sah-sah saja dan menjadi hak prerogatif partai. Namun demikian setiap pergantian harus memenuhi syarat yang disesuaikan dengan tata tertib (tatib) dewan.

“Seharusnya tadi, selain pergantian ketua fraksi, juga diumumkan pergantian kelengkapan dewan. Namun karena masih ada tarik ulur, diundur tanggal 4 Mei mendatang,” ungkap Tjutjuk.

Ditambahkan, kelengkapan dewan pergantiannya diserahkan kepada ketua fraksi yang baru. Dipastikan pergantian ini murni hak prerogatif masing-masing partai yang ada di dewan.

Sementara itu, Agus Maimun mengaku tanggung jawab baru yang diembannya adalah keputusan partai. Keputusan partai tersebut sudah melalui pertimbangan matang.

“Semua otoritasnya diserahkan kepada partai. Kami harus menerima dengan lapang dada. Bahkan tadi surat keputusan (dari PAN untuk DPRD Jatim) diserahkan Pak Malik, yang posisinya saya gantikan,” ungkap Agus.

Terkait nama Basuki Babusalam yang awalnya direncanakan menjadi ketua fraksi, memang dibatalkan karena mendapat posisi sebagai sekretaris DPW PAN Jatim.

“Saya secara pasti belum mendengar. Tapi kalau itu dikatakan sebagai penolakan, saya tidak sepakat. Sebaba mekanisme pergantianm ketua hanya merujuk dari surat partai masing-masing kepada DPR, untuk dibacakan dalam paripurna. Jadi tidak ada wadah atau ruang untuk menolak,” papar dia.

Apakah ini imbas perubahan struktur di DPW PAN? Jawab Agus, alasan subjektifnya bisa saja seperti itu. Namun ini merupakan upaya konsolidasi partai Semua diserahkan otoritasnya pada partai. “Kita ini hanya menjalankan amanah partai saja,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Antonio Renville mengatakan, pergantian ini memang sudah waktunya dilakukan. Pemilihan ketua yang baru sudah disepakati bersama anggota Fraksi Demokrat.

“Pak Hartoyo sudah menjalankan tugasnya sebagai ketua fraksi 2,5 tahun. Ini dilakukan agar kami punya kader yang lebih memahami fraksi. Pergantian disepakati bersama. Dulu malah pernah sampai ada pergantian empat kali,” kata Renville. (aca/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini