Alabama Digulung Tornado, 31 Orang Tewas

Sebuah badai tornado menyerang bagian selatan Amerika Serikat, Rabu (27/4) malam waktu setempat atau Kamis (28/4) pagi waktu Indonesia. Badai tersebut meluluhlantakkan sejumlah bangunan rumah dan gedung perkantoran serta  menewaskan sedikitnya 31 orang.

Saksi mata mengatakan melihat badai berwarna hitam pekat bergulung-gulung dan menjulang ke angkasa. Badai itu lalu menyapu dan merusakkan apapun yang dilaluinya di daratan. Pohon, atap rumah dan bagian gedung beterbangan terbawa badai tersebut.

Para peramal memprediksi adanya kemungkinan serangan tornado susulan yang lebih besar. Mississippi, Alabama, Georgia dan Tennessee Timur adalah daerah yang rawan terkena serangan tornado susulan tersebut.

“Ini sangat serius dan mematikan, sekaligus mempengaruhi negara kita. Namun ini belum akan berakhir,” kata Robert Brantley Gubernur Alabama kepada wartawan, seperti dikutip CNN.

Garda Nasional langsung mengerahkan ratusan pasukan untuk membantu wilayah yang terkena serangan tornado terparah. Tim SAR juga langsung dikerahkan untuk membebaskan orang yang terjebak di tempat wisata Lake Guntersville State Park.

Badai juga merusak hanggar pesawat terbang di Birmingham-Shuttlesworth International Airport. Namun demikian juru bicara bandara mengatakan bahwa penanganan penumpang tidak ikut terkendala. (cnn/buo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *