Akhiri Krisis Jepang, Butuh Berbulan-bulan

TOKYO – Pemerintah Jepang pada hari Minggu (3/4) memperingatkan bahwa mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menghentikan kebocoran radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima, Daiichi yang rusak akibat gempa dan tsunami tiga minggu lalu.

Perdana Menteri Naoto Kan mengatakan prioritas pemerintah adalah menghentikan kebocoran radiasi yang membayangi para pekerja dan upaya menghambat pemanasan pada batang bahan bakar nuklir.

“Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghentikan kebocoran radiasi? Saya pikir beberapa bulan akan menjadi salah satu target,” kata Hosono pada program Fuji TV nasional pada hari Minggu (3/4).

Sebelumnya Tokyo Electric Power Co (TEPCO) menemukan celah dalam sebuah lubang beton pada reaktor No.2 di kompleks PLTN Fukushima Daiichi Sabtu (2/3). Kebocoran tersebut lautan di Fukushima telah tercemar radiasi nuklir.

Kebocoran tersebut berhasil dihentikan setelah campuran semen dituangkan ke dalam lubang. Selain itu, TEPCO menyerap air untuk mencegah meluasnya radiasi ke lautan Fukushima. (reuters/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *