Akhir 2011, Targetkan 15 Kabupaten/kota Sudah Berlakukan E KTP

Hary Sugiri

SURABAYA (suarakawan.com) – Dinas Ketenagakerjaan dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim menargetkan akhir 2011  program kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP di 15 kabupaten/kota sudah diberlakukan

Kepala Disnakertransduk Jatim Dr Hary Soegiri M.Si MBA, di Surabaya, Senin (08/08) mengatakan, secara bertahap Pemprov Jatim akan mulai memberlakukan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sebagai pengganti KTP lama. “Upaya ini kami lakukan untuk mencegah munculnya KTP ganda atau KTP palsu. Pembuatan KTP elektronik kami lakukan secara bertahap dengan tahap pertama di 15 kabupaten/kota,” ujarnya.

Sebelum KTP elektronik terbentuk, Disnakertransduk Jatim sudah melakukan pemutakhiran data penduduk. Setiap penduduk akan di data dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Bersumber dari NIK inilah pada akhirnya KTP elektronik akan dibuat dan segera diluncurkan.

Kini, lanjutnya, Disnakertransduk Jatim sedang melakukan pemutakhiran data kependudukan di 15 kabupaten/kota meliputi Jember, Nganjuk, Ngawi, Gresik, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Sidoarjo, Kota Blitar, Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Pasuruan, dan Kota Madiun.

“Sementara itu, untukk pemutakhiran data di 23 kabupaten/kota lainnya akan dilakukan pada tahun depan dengan pembuatan KTP elektronik tahun 2012,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, khusus untuk pemutakhiran data kependudukan dan pembuatan KTP elektronik di 38 kabupaten/kota seluruh Jatim, Pemprov Jatim mendapatkan alokasi anggaran dari APBN Perubahan 2010 sebesar Rp 44 miliar. Saat ini proses pemutakhiran data kependudukan dan penyusunan KTP elektronik juga dilakukan di tujuh provinsi lain di Indonesia. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Akhir 2011, Targetkan 15 Kabupaten/kota Sudah Berlakukan E KTP"