Ahli Nuklir AS: Jepang Bingung Atasi Krisis Nuklirnya

WASHINGTON – Seorang ahli nuklir Amerika Serikat mengatakan, pemerintah Jepang mulai frustrasi dan kehilangan akal terhadap krisis nuklir yang mengancam negaranya.

Seorang ahli di Institute for Policy Studies dan penasehat bekas Kementerian Energi Amerika Serikat, Robert Alvarez mengatakan, langkah-langkah yang diambil Jepang sudah diluar kelaziman.

Menurutnya tindakan Jepang dengan mengucurkan air dari truk dan helikopter bukanlah salah satu opsi yang sesuai prosedur. Menurutnya, tindakan tersebut merupakan hanya improvisasi.

Alvarez mengklaim, tidak ada lagi opsi yang baik bisa dilakukan Jepang untuk mendinginkan reaktor nuklir tersebut. “Ini adalah apa yang kamu sebut sebagai hal-hal terakhir,” katanya saat berbicara National Press Club di Washington.

Sementara itu, ahli nuklir Jepang mempertimbangkan untuk mengubur pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak di Fukushima dengan pasir dan beton. Metode serupa dengan upaya pencegahan kebocoran radiasi nuklir di Chernobyl, Ukraina 1986 lalu.

Namun hingga kini para ahli Jepang masih berharap dapat memecahkan krisis dengan memperbaiki kabel daya dari dua reaktor. Hal ini dimaksudkan untuk menghidupkan kembali pompa air yang digunakan untuk mendinginkan reaktor. (Reuters/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *