Ada Salju di Puncak Gunung Semeru

MALANG (suarakawan.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS mengonfirmasi temuan salju puncak bayangan Gunung Semeru di Jawa Timur. Puncak bayangan berada satu blok sebelum puncak Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan laporan para petugas di lokasi, suhu di kawasan itu memang sangat dingin. Sejumlah pendaki yang turun kemudian melaporkan kepada petugas tentang temuan yang sama.

“Dari pendaki yang turun juga menyampaikan ada frozen (salju) di jalur pendakian,” kata Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, pada Kamis, 12 April 2018.

Temuan salju di sejumlah blok puncak Gunung Semeru

Menurut Susion, seorang petugas Polisi Kehutanan, salju terdapat di beberapa titik saja, terutama di jalan mendekati puncak Mahameru. Diperkirakan suhu di puncak tertinggi tanah Jawa itu sekarang mencapai minus 4 derajat.

“Pengalaman tahun kemarin (2017) minus 6 derajat. Salju tidak keseluruhan, hanya bersalju di blok-blok tertentu. Untuk tahun ini ada di puncak bayangan, hampir mendekati Mahameru,” kata Susion.

Salju kali pertama ditemukan oleh pendaki kira-kira pukul setengah enam pagi, Rabu, 11 April. Salju tidak bertahan lama karena matahari terbut salju mencair lagi.

Temuan salju di sejumlah blok puncak Gunung Semeru

Pendakian Semeru sempat ditutup untuk revitalisasi sejak 2 Januari. Jalur pendakian baru dibuka pada 4 April. Kemunculan salju bergantung musim; di musim kemarau seperti ini salju hanya muncul di beberapa titik.(viv/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ada Salju di Puncak Gunung Semeru"