Ada Punokawan Di Sedekah Bumi Kecamatan Sukomanunggal

acara sedekah bumi

SURABAYA (suarakawan.com) – Tokoh Legenda pewayangan yakni Punokawan yang terdiri dari Bagong, Semar, Petruk , Gareng menyambangi Balai RW II Kelurahan Tangjungsari, Kecamatan Sukomanunggal. Namun kehadiran mereka bukan untuk ngludruk melainkan mengikuti Gebyar Seni Sedekah Bumi Th. 2011, Kel. Tanjungsari Kec. Sukomanunggal, Minggu pagi (26/06).

Mereka datang dari RT 13 sambil membawa dan mengarak nasi tumpeng menuju balai RW dengan meneriakkan yel-yel guna menarik perhatian tiga juri agar menjadi juara.

Bukan hanya para juri, dandanan mereka yang mirip dengan cerita legenda pewayangan ini juga membuat mata  ratusan warga Tanjungsari, yang sudah menunggu acara di mulai sejak pagi, terkesima.

Tak hanya Semar Dkk yang datang, melainkan bersama 9 RT lainnya yang satu meja sebagai peserta lomba. Namun dalam kegiatan yang diadakan setiap tahun, baru kali ini baru di lombakan.

Sementara itu, Ketua Panitia Gebyar Seni Sedekah Bumi, Samin mengatakan acara ini merupakan penghormatan kepada sesepuh yang telah membabat alas di Tanjungari.

“Salah satu orang yang membuka lahan disini adalah Mbah Serut atau Mbah Tanjung Asmoro,” katanya.

Samin menambahkan kata Tanjung merupakan cikal bakal terciptanya kampung Tanjungsari. Beliau datang kesini bersama 4 orang kawannya yakni Mbah Wulansari dan suaminya Mbah cokro serta saudagar bernama Abdul Haqi.

Mereka diajak oleh Pangeran kuning dari Kerajaan Ujung Galuh yang merupakan anak dari Prabu Panjaloh.

“Dulunya Tanjung masih dalam hutan kemudian dijadikan persawahan dan pemukiman selanjutnya mengajarkan warganya bercocok tanam, berdagang sehingga dapat mensejahterahkan kehidupan,” urainya.

Dalam rangkaian acara terakhir yang sangat sakral, para peserta selanjutnya mengarak sedekah yang terdiri dari makanan-makanan ke Makam Islam Tanjungsari dan berdoa di makam Mbah Serut.

Diketahui, dalam pengumuman lomba oleh tim juri, sebagai pemenang pertama  akhirnya sepakat memilih Punokawan dari RT 13 sebagai pemenangnya diikuti juara II, III dari RT 07 dan RT 10.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ada Punokawan Di Sedekah Bumi Kecamatan Sukomanunggal"