Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

27 Jan 2014 // 11:28 // RESENSI

99 Cahaya di Langit Eropa  Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa - Gramedia Penerbit Buku UtamaNovel ini merupakan catatan perjalanan sang penulis Hanum Salsabiela Rais ketika tinggal di Wina selama 3 tahun mengikuti suaminya Rangga Almahendra meneruskan studi.

Selama itu Hanum berpetualang keliling Eropa dari mulai Wina, Andalusia, Paris hingga Istanbul untuk mencari tahu jejak-jejak kejayaan Islam di tanah Eropa berabad-abad yang lalu.

Ternyata jejak-jejak kejayaan tersebut masih tersisa bahkan dalam simbol-simbol agama lain, misalnya kaligrafi bergaya Kufic pada lukisan-lukisan di Gereja, lengkungan berbentuk ogive berjumlah ganjil pada gereja dan pada jubah Raja Sisilia, serta pinggiran hijab Bunda Maria yang bertulisakan Laa Illaha Illalah.

Sinopsis buku:

Aku mengucek-ucek mata. Lukisan Bunda Maria dan Bayi Yesus itu terlihat biasa saja. Jika sedikit lagi saja hidungku menyentuh permukaan lukisan, alarm di Museum Louvre akan berdering-dering. Aku menyerah. Aku tidak bisa menemukan apa yang aneh pada lukisan itu. “Percaya atau tidak, pinggiran hijab Bunda Maria itu bertahtakan kalimat tauhid?Laa Ilaaha Illallah, Hanum,” ungkap Marion akhirnya.

***
Apa yang Anda bayangkan jika mendengar ?Eropa?? Eiffel? Colosseum? San Siro? Atau Tembok Berlin?

Bagi saya, Eropa adalah sejuta misteri tentang sebuah peradaban yang sangat luhur, peradaban keyakinan saya, Islam. Buku ini bercerita tentang perjalanan sebuah ?pencarian?. Pencarian 99 cahaya kesempurnaan yang pernah dipancarkan Islam di benua ini.

Dalam perjalanan itu saya bertemu dengan orang-orang yang mengajari saya, apa itu Islam?rahmatan lil alamin. Perjalanan yang mempertemukan saya dengan para pahlawan Islam pada masa lalu. Perjalanan yang merengkuh dan mendamaikan kalbu dan keberadaan diri saya.

Pada akhirnya, di buku ini Anda akan menemukan bahwa Eropa tak sekadar Eiffel atau Colosseum. Lebih?sungguh lebih daripada itu.

Berikut adalah komentar beberapa tokoh di Indonesia:

“Buku ini berhasil memaparkan secara menarik betapa pertautan Islam di Eropa sudah berlangsung sangat lama dan menyentuh berbagai bidang peradaban. Cara menyampaikannya sangat jelas, ringan, runut, dan lancar mengalir. Selamat!”

-M. Amien Rais (Ayahanda Penulis)

“Pengalaman Hanum sebagai jurnalis membuat novel perjalanan sekaligus sejarah ini mengalir lincah dan indah. Kehidupannya di luar negeri dan interaksinya dengan realitas sekulerisme membuatnya mampu bertutur dan berpikir ?out of the box? tanpa mengurangi esensi Islam sebagai rahmatan lil alamin.”

-Najwa Shihab (Jurnalis dan Host Program Mata Najwa, Metro TV)

“Karya ini penuh nuansa dan gemuruh perjalanan sejarah peradaban Islam Eropa, baik pada masa silam yang jauh maupun pada masa sekarang, ketika Islam dan Muslim berhadapan dengan realitas kian sulit di Eropa.”

-Azyumardi Azra (Guru Besar Sejarah, Direktur Sekolah Pascasarjana UIN, Jakarta)

“Hanum mampu merangkai kepingan mosaik tentang kebesaran Islam di Eropa beberapa abad lalu. Lebih jauh lagi, melihat nilai-nilai Islam dalam kehidupan Eropa. Islam dan Eropa sering ditempatkan dalam stigma ?berhadapan?, sudah saatnya ditempatkan dalam kerangka stigma ?saling menguatkan?.”

-Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina dan Ketua Indonesia Mengajar)

Buku berkategori Agama, Traveling, dan Nonfiksi

Buku yang ditulis dengan bahasa novel yang ringan ini membuat kita dengan mudah memahami sejarah kejayaan Islam di tanah Eropa tanpa terkesan digurui.

Melalui buku ini kita menelusuri sejarah Islam di Eropa terutama dari masa Dinasti Umayyah dan Ustmaniyyah.

Kita akan melihat jatuh bangunnya peradaban Islam yang pernah menyinari daratan Eropa.

Disamping itu kita juga dapat menyimak perjalanan Fatima imigran dari Turki yang menjadi sahabat Hanum untuk mencari kehidupan yang lebih sebaik sekaligus menyebarkan cahaya Islam dan menghapus stereotipe negatif tentang Islam? yang sudah mengakar kuat di Eropa. (Han)

Foto cover buku: Gramedia

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini