Hari Lingkungan, HMI Tanam Mangrove

Tidak ada komentar 8 views

Persiapan Tanam Mangrove oleh HMI

SURABAYA (suarakawan.com)-Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tepat pada 5 Juni ini. Aksi menanam Mangrove di muara sungai Gunung Anyar dipilih untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan.

“Kita menanam mangrove ini karena prihatin dengan kondisi pantai timur Surabaya yang kritis.” seru perwakilan mahasiswa HMI saat menyampaikan tujuannya kepada Camat Gunung Anyar di Kantor Kelurahan Gunung Anyar Tambak.

Aksi menanam 1000 bibit pohon Mangrove dilakukan bersama Komunitas Rumah Mangrove Surabaya serta didukung Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL). “Menanam Mangrove saat ini sudah menjadi trend, tetapi seringkali faktor jenis mangrove dengan kondisi lingkungan yang akan ditanami kurang menjadi perhatian.” kata Dian dari Komunitas Rumah Mangrove Surabaya.

Penanaman Mangrove sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena selain dapat dinikmati hasil olehan dari Mangrove, pohon Mangrove yang ditanam dan tumbuh besar dapat mencegah ombak besar naik ke daratan.

” Mangrove ini dapat mengurangi tinggi ombak saat pasang naik hingga 2 meter.” ujar Yoyon, Koordinator Pelestari dan Penjaga Mangrove Gunung Anyar.

Sementara itu Camat Gunung Anyar Tri Junya Rinawati mengungkapkan, pihaknya berharap banyak instansi maupun kelompok masyarakat yang melakukan penanaman Mangrove di wilayahnya, meskipun kondisinya masih cukup baik.

“Harapannya anak sekolah maupun kelompok-kelompok seperti ini bisa melakukan penanaman paling tidak setiap minggu, kami akan fasilitasi semuanya.” tutur Bu Camat kepada suarakawan.com. (PetrusR/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hari Lingkungan, HMI Tanam Mangrove"