84 anak TKIB Al-Ibroh belajar cinta lingkungan

GRESIK (Suarakawan.com) – 84 siswa dari Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIB) Al – Ibroh meramaikan suasana dan kegiatan di Kebun Percobaan (Buncob) PPLH Semen Gresik Foundation, Senin (20/02/2012).

Kedatangan 84 anak yang rata-rata berusia 5-6 tahun tersebut bertujuan belajar bagaimana cara memelihara alam dan lingkungan agar bisa lestari dan bermanfa’at bagi kemanusiaan.

Puluhan siswa TK tersebut masing-masing diajari bagaimana cara menanam bunga rosella, mulai dari mempersiapkan peralatan berkebun, melakukan pengolahan tanah hingga menanam bunga rosella di pot bunga kecil yang disediakan PPLH SGF. Lucunya dengan rasa keingintahuan yang besar, banyak dari anak- anak mungil tersebut menanyakan ini dan itu bahkan ada yang menangis karena takut melihat cacing.

selain melakukan penanaman, juga mereka diajak memanen sayur terong di kebun untuk kemudia dibawa pulang hasil panenannya.

Menurut kepala sekolah TKIT Al- Ibroh, Ruqoyyah Fitri, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pengenalan sejak dini tentang keanekaragaman hayati dan lingkungan.

“harapan kami dengan diadakan kegiatan seperti ini anak-anak mampu mencintai dan menjaga lingkungannya sejak usia dini,” jelasnya disela-sela kegiatan penanaman.

“lebih-lebih dengan adanya program Green Education dari dinas pendidikan baru-baru ini,” tambah Ruqoyyah.

Kadiv PPLH SGF, Drs. Settyo Budi mengungkapkan kalau pihaknya sangat mendukung kegiatan pendidikan untuk anak-anak TK tersebut, pasalnya kegiatan pengenalan alam dan lingkungan bagi anak seusia mereka tentu akan menjadikan anak-anak mencintai lingkungannya. PPLH SGF lanjut Settyo, akan mendukung sepenuhnya siapapun yang melakukan kegiatan untuk mencintai lingkungan, khususnya anak-anak. Tandasnya.

 

Wacana Global Warming yang berkembang dewasa ini perlu disikapi dengan arif, lebih-lebih setelah kondisi iklim dan cuaca begitu ekstrem serta sulit diprediksi akibat tingginya c2 (karbon) di atmosfer bumi dan berkurangnya O2 (oksigen).Pengenalan keanekaragaman hayati serta pelestarian lingkungan hidup perlu ditanamkan sejak dini khususnya pada anak-anak kecil sejak masih mengenyam pendidikan taman kanak-kanak.(ika/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "84 anak TKIB Al-Ibroh belajar cinta lingkungan"