78Ribu Warga Kediri Terima Jamkesmas dan Jamkesda

KEDIRI (suarakawan.com) – Klaim Pemerintah Kota Kediri beberapa waktu lalu yang menyebut terjadi peningkatan kesejahteraan hidup bagi warga miskin, patut dipertanyakan kebenarannya.

Penduduk warga kota Kediri yang kini berjumlah sekitar 300 ribu jiwa, diketahui 30-40 persen masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Indikasi ini, terlihat dari banyaknya jumlah warga Kota Kediri yang menerima Jamkesda dan Jamkesmas.

Data yang masuk di Dinas Kesehatan Kota Kediri, menyebutkan secara keseluruhan ada 78 ribu warga yang menerima Jamkesmas dan Jamkesda.

Rinciannya 15 ribu kartu Jamkesda, serta 63 ribu kartu Jamkesmas dari Pemerintah pusat.

Belum lagi surat pernyataan miskin yang tiap tahunnya mencapai 1000-15 ribu warga.

Kepala Dinkes Kota Kediri Fauzan Adima menjelaskan Pemerintah Provinsi sudah menyediakan pemberian kartu jamkesmas yang dialokasin sebanyak 40 persen dari total jumlah penduduk suatu daerah.

“Harapannya dengan Jamkesmas ini, tidak ada lagi orang miskin yang tidak tercover. Ternyata di lapangan masih ada, makanya bapak Walikota nantinya menyediakan pin untuk Jamkesda sebanyak 15 ribu. Namun data yang baru masuk ada 8 ribu. Ini sebenarnya ada semacam dilematis. Di satu sisi, kalau kita usulkan banyak jatah, berarti kota Kediri miskin dong. Kalau minta jatah Jamkesmas sedikit, buktinya masih banyak orang yang belum dapat,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Medis Tim Sepak Bola Persik Kediri.

Disinggung mengenai berapa alokasi nominal anggaran untuk Jamkesda, Fauzan Adima memaparkan tahun kemarin melalui MOU dana Shering antara Pemkot dengan Provinsi dana yang sudah dikeluarkan mencapai Rp 4,3 miliar.

“Sementara lainnya di RSUD Gambiran mencapai Rp 15 miliar. Sementara klaim yang baru masuk dari RSUD dr Soetomo bulan November lalu kisaran Rp 200 juta.”

Sementara dana pembayaran klaim untuk warga miskin yang berobat di Provinsi sudah dipersiapkan kisaran Rp 2 miliar untuk tahun 2013. (pen/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "78Ribu Warga Kediri Terima Jamkesmas dan Jamkesda"