74 relawan disiapkan BPBD Hadapi Semburan Lumpur Metatu

GRESIK (suarakawan.com) – sebanyak 74 relawan dari berbagai daerah dilatih dan disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik untuk mengantisipasi luapan semburan lumpur Metatu, Minggu (18/11).

Selain untuk menghadapi semburan lumpur metatu jika bertambah besar, puluhan relawan tersebut juga dilatih untuk tanggap darurat terhadap bencana alam.

Hari Sutjipto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut dimaksudkan agar para relawan dapat memiliki skill dan kemampuan dalam menghadapi bencana alam.

“Selain untuk mengantisipasi semburan metatu yang bisa berubah menjadi bencana, para relawan juga dipersiapkan menghadapi bencana alam lainnya seperti banjir tahunan di Gresik selatan yang diakibatkan luapan kali Lamong di musim hujan,” katanya.

Diukatakan Hari, para relawan dibekali berbagai teori dan latihan khusus.

“Seperti pengoperasian perahu karet, water treatmen (penjernihan air hingga layak minum), sensow (gergaji), genset untuk penerangan, bongkar pasang tenda, dapur umum, serta evakuasi korban pada saat bencana terjadi,” jelas Hari.

Puluhan pemuda relawan tersebut dilatih dan dibekali pengetahuan tanggap bencana di telaga Ngipik sejak Minggu (18/11) pagi tadi hingga esok hari.

Chotib, Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Gresik, mengatakan, kebanyakan para peserta adalah pemuda relawan yang berasal dari desa-desa yang sering tertimpa bencana alam.

“74 pemuda relawan tersebut diharapkan mampu diturunkan sewaktu-waktu pada saat kondisi darurat, terlebih upaya normalisasi di sepanjang kali lamong hingga kini belum maksimal, sehingga wilayah Gresik selatan memiliki potensi tinggi dilanda bencana banjir,” jelasnya. (Ika/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "74 relawan disiapkan BPBD Hadapi Semburan Lumpur Metatu"