7 Cara Untuk Meningkatkan Ingatan

1 komentar 44 views

Susan sedang berada di sebuah supermarket. Beberapa barang belanjaan sudah dia masukkan ke dalam keranjang. Namun tiba-tiba gadis manis berambut sebahu itu terlihat kebingungan. Ternyata ada beberapa barang lagi yang harus dibelinya karena persediaan di rumah sudah habis, namun ia lupa, apa saja barang itu!

Nah, kejadian ‘mendadak lupa’ seperti ilustrasi tadi ternyata sering terjadi pada banyak orang. Lupa sekarang tanggal berapa, lupa di mana menaruh kunci, lupa nama seseorang, lupa mengerjakan sesuatu, bahkan ada yang lupa namanya sendiri!

Menurut sebuah penelitian, kemampuan mengingat manusia mulai mengalami penurunan sejak memasuki usia 20 tahun. Namun demikian Anda bisa melakukan 7 cara sederhana berikut ini untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan mengingat, berapapun usia Anda sekarang.

  1. Sarapan karbohidrat. Mungkin Anda menghindari karbohidrat untuk alasan diet. Namun jangan lupa bahwa otak membutuhkan energi dari karbohidrat yang dioleh oleh tubuh Anda menjadi glukosa. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup maka Anda bisa segera menjadi pelupa. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi dan gandum.
  2. Latihan fisik. Melakukan latihan fisik ternyata sangat membantu memperlancar aliran oksigen dan glukosa ke otak, dan itu akan membuat otak selalu siaga untuk menyimpan dan mengakses memori kapapanpun. Sebuah study membuktikan bahwa otak manusia mampu mengerjakan tugas berkaitan dengan memori 20% lebih baik setelah melakukan latihan fisik high-impact, seperti berlari, aerobik, menari, kickboxing dan sebagainya.
  3. Ganti font. Nah, apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan jenis font yang itu-itu saja dalam setiap dokumen yang Anda buat? Cobalah untuk menggunakan font yang berbeda karena itu bisa membuat otak Anda berfikir sedikit lebih keras akan akan membuatnya lebih baik dalam mengingat.
  4. Searching internet. Sebuah study membuktikan bahwa ketika melakukan searching sebuah informasi melalui internet maka otak akan mengalami peningkatan aktifitas. Biasakan mencari sesuatu yang baru selama 1 jam setiap hari, misalnya mencari lokasi tujuan wisata untuk liburan mendatang.
  5. Melihat area parkir. Ketika berada di sebuah gedung bertingkat, cobalah untuk melihat ke bawah, ke area parkir mobil. Fokuskan perhatian pada satu mobil, lalu alihkan pandangan ke mobil lain di tempat yang agak jauh. Lalu kembalikan pandangan ke mobil yang pertama tadi secara cepat. Dengan latihan sederhana ini kemampuan otak Anda akan meningkat 10% dalam hal mengingat sesuatu.
  6. No alcohol. Alkohol terbukti mengurangi kemampuan otak dalam mengingat. Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol maka segera hentikan kebiasaan tersebut jika ingin mendapatkan ingatan yang lebih baik.
  7. Sikat gigi sebelum tidur. Ini mungkin terdengar aneh. Tapi jangan salah. Kotoran yang dibiarkan menumpuk di gigi akan menjadi jalan yang baik bagi bakteri untuk menyerang tubuh Anda, termasuk otak. Serangan bakteri akan melemahkan kemampuan kognitif Anda, termasuk dalam hal mengingat sesuatu. Maka biasakan sikat gigi, idealnya sehari dua kali, jika ingin memiliki ingatan yang lebih baik. (healthcom/buo)

 

Satu Respon

Tinggalkan pesan "7 Cara Untuk Meningkatkan Ingatan"