6 Hakim Siap Gelar Kasus Kerusuhan Temanggung

Tidak ada komentar 6 views

SEMARANG – Sidang kasus kerusuhan Temanggung Jawa Tengah di jadwalkan akan digelar di Pengadilan Negeri Semarang Jawa Tengah,  hari ini Kamis (31/3).  Sedikitnya 25 terdakwa akan disidang secara serentak menggunakan lima ruangan sidang yang ada di pengadilan itu.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Semarang Sugeng Hiyanto mengatakan Pengadilan Negeri Semarang menyatakan siap menggelar kasus kerusuhan Temanggung yang terjadi 8 Pebruari lalu. Enam hakim telah ditunjuk untuk memimpin sidang kasus kerusuhan Temanggung tersebut. Agar proses persidangan bisa berjalan dengan mudah, Pengadilan Negeri memutuskan sidang dilaksanakan tiap hari Kamis secara penuh. “Pada hari Kamis, Pengadilan Semarang dikhususkan menyidang kasus kerusuhan Temanggung,” katanya.

Berkas para tersangka dibagi menjadi tujuh surat dakwaan sesuai peran masing-masing terdakwa dalam kasus tersebut. Rencananya ada satu hakim menangani dua berkas tersangka. Untuk pengamanan, Sugeng menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian.

Dari 25 orang terdakwa, sebanyak 23 orang dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang perusakan dan pengeroyokan secara bersama-sama. Sedangkan dua tersangka yakni Syihabudin dan Lutfi Hakim Azis dijerat melanggar Pasal 160 KUHP tentang penghasutan.

Sementara itu,  Front Thoriqotul Jihad (FTJ) Jawa Tengah akan mengerahkan sekitar 500 orang pendukung dalam sidang perdana itu.

Seperti diketahui, kerusuhan Temanggung terjadi pada 8 Pebruari lalu di Pengadilan Negeri karena dipicu ketidakpuasan massa atas vonis lima tahun kepada Antonius Bawengan, pelaku penistaan agama. Massa merusak dua gereja dan fasilitas sekolah milik yayasan Kristen. (tempo/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "6 Hakim Siap Gelar Kasus Kerusuhan Temanggung"