500 Anak Gerak Jalan Peringati Hari Autis

Tidak ada komentar 14 views

SURABAYA – Sabtu 2 April 2011 seluruh penjuru dunia memperingati Hari Autis.  Begitu pula di  Surabaya. Komunitas Peduli Autis Surabaya  mengadakan aksi peduli autis dengan mengusung tema “Walk For Autism 2011“, di Grand City Mall di Jalan Gubeng Pojok, Surabaya, Sabtu (2/4).

Dalam aksi ini tak kurang dari 500 anak melangkahkan kaki bersama. Rute yang dilalui start dari Grand City Mall menuju Jalan Pemuda, Yos Sudarso, Balai Kota Surabaya, Walikota Mustajab dan kembali ke  Grand City Mall.

Menurut Vika Wisnu, salah satu pegiat acara tersebut,  kepedulian pemerintah terhadap penyandang autisme dinilai masih kurang. Padahal jumlah penyandang autisme setiap tahun semakin banyak.

“Belum banyak sekolah yang menerima penyandang autis, padahal ada  UU untuk memasukkan anak-anak autis ke sekolah umum”, ujar Vika Wisnu.

Untuk diketahui, forum Asean Autism Network di Bangkok pada 13-15 Desember 2010 lalu menyepakati tema Hari Autis 2011 saat ini adalah “Walk for Autism”. Kegiatan ini melibatkan para penderita autis bersama keluarganya, guru, pemerintah daerah, professional, LSM dan masyarakat. Kegiatannya sendiri dipusatkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Solo, Surabaya dan Makassar.

Dasar hukum pelaksanaan Hari Autis Sedunia adalah resolusi PBB No. 62/139 yang dikeluarkan 18 Desember 2007. Keluarnya resolusi PBB menegaskan bahwa “autism is real”. Melalui perayaan hari autis diharapkan masyarakat memiliki kepedulian dan menerima keberadaan penderita autis mengingat jumlahnya kian meningkat dari hari ke hari. (dp/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "500 Anak Gerak Jalan Peringati Hari Autis"