34 WNA China Diduga Langgar Keimigrasian

1 komentar 9 views

Rumah di kawasan Sutorejo tempat menampung WNA China

SURABAYA (suarakawan.com) – Sekitar 34 orang berkewarganegaraan China  yang diamankan dari sejumlah rumah di Surabaya,sejak Jum’at malam(22/07) hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan dan pendataan pihak Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Saat di konfirmasi Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Indarto mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman pemeriksaan,karena terkait dugaan pelanggaran pidana di tangani oleh Sat Reskrim,tetapi terkait dugaan pelanggaran imigrasi ditangani oleh Sat Intelkam.

“Kita masih akan memeriksa beberapa saksi,termasuk bos asal Jakarta yang mendatangkan WNA tersebut ke Surabaya,karena pemeriksaan sementara masih belum di temukan tindak pidana,”ujar AKBP Indarto,Minggu,(24/07).

Mantan Wakapolresta Cirebon ini menambahkan keterangan sementara mereka didatangkan ke Surabaya dalam rangka di pekerjakan sebagai tenaga administrasi,namun hal ini masih akan kita dalami,karena belum jelas juga perusahaan yang akan memperkerjakan para WNA tersebut.

“Temuan sementara,mereka diduga melanggar undang-undang keimigrasian,karena ada beberapa WNA tersebut yang tidak disertai dokumen resmi,seperti visa dan paspor,untuk masalah ini lebih jelas konfirmasi ke Kasat Intelkam,”tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun suarakawan.com. sekitar 34 warga China diamankan polisi dari 5 kawasan perumahan di Surabaya,di antaranya Perumahan Sutorejo Prima Indah Blok PH Nomor 5 RT 4 RW 9, Mulyorejo,kawasan Margorejo dan tiga lokasi lainnya.

Dari kawasan Sutorejo Prima Indah, polisi mengamankan 13 wanita warga negara China serta,  menyita puluhan pesawat telepon, seperangkat komputer, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Sementara itu Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung mengatakan bahwa anggotanya masih melakukan proses pemeriksaan.”Lebih jelas nanti menunggu hasil pemeriksaan,karena proses pemeriksaan masih berlangsung”ujar Coki.(Wis/nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "34 WNA China Diduga Langgar Keimigrasian"