30 Tahun Kedepan, Pulau Kecil di Indonesia Hilang

1 komentar 14 views

SURABAYA – Sejumlah pulau kecil di Indonesia diprediksikan hilang pada 30 tahun mendatang akibat pemanasan global. Kondisi alam, terutama laut, cukup mengkhawatirkan dengan naiknya suhu pemanasan global setiap tahun.

“Kenaikan permukaan air laut mencapai 1,7 milimeter hingga 1 centimeter per tahun”, kata Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr Ir Toni Ruchmat, M.Sc, dalam acara bimbingan teknis pengelolaan pulau kecil tahun anggaran 2011, di Hotel Sahid, Surabaya, Senin (11/4).

Menurut Toni, pemanasan global juga berdampak pada jadwal tanam, pola tanam, serta hasil pertanian dan kehutanan secara besar-besaran. Fenomena itu sesungguhnya sudah dirasakan sebagian masyarakat Indonesia dengan terjadinya banjir akibat hujan tidak beraturan.

Oleh karena itu, kata Toni, butuh biaya besar untuk mengembalikan semula pulau-pulau kecil yang terkena dampak pemanasan global. Antara lain dengan pembuatan tanggul, penanaman pohon di seluruh wilayah Indonesia,

“Untungnya Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2007 telah membuat indeks untuk mengetahui dampak langsung pulau-pulau kecil akibat pemanasan global”, tandasnya.

Untuk diketahui jumlah pulau-pulau kecil di Indonesia mencapai 17.440. Dari jumlah tersebut, kepulauan komodo di Nusa Tenggara Timur mencapai 1.200 pulau. (ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "30 Tahun Kedepan, Pulau Kecil di Indonesia Hilang"