23 Warga Suriah Tewas Akibat Tembakan Tentara Israel

Demonstran Syria yang di evakusi

MAJDAL Shams, Dataran Tinggi Golan (suarakawan.com)-Tentara Israel melepaskan tembakan pada hari Minggu saat demonstran dari Suriah melewati garis gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan. Serangan itu mengakibatkan  23 demonstran tewas.

Ratusan demonstran bergegas garis gencatan senjata, memotong melalui kawat berduri saat mereka mencoba untuk memasukkan Dataran Tinggi Golan dalam pengulangan demonstrasi bulan lalu. Protes serupa diadakan di Tepi Barat dan di Jalur Gaza.

Di Majdal Shams pasukan Israel melepaskan tembakan saat demonstran berusaha untuk mendorong melalui garis gencatan senjata ditambang, yang telah diperkuat dengan beberapa baris kawat berduri untuk memblokir akses ke pagar.

“Meskipun banyak peringatan, baik lisan dan kemudian tembakan peringatan di udara, puluhan warga Suriah terus mendekati perbatasan dan Angkatan Pertahanan Israel tak punya pilihan selain melepaskan tembakan ke arah kaki pengunjuk rasa dalam upaya untuk mencegah lebih lanjut tindakan, “kata seorang juru bicara militer kepada AFP.

Memperbarui berita  sebelumnya, media pemerintah Suriah melaporkan bahwa 23 orang tewas, termasuk seorang wanita dan anak, dan 350 luka-luka. Sementara pihak Militer Israel menyebutkan hanya 12 orang yang tewas.

Atas insiden ini Amerika Serikat menyerukan agar tenang. “Kami sangat terganggu dengan peristiwa yang terjadi hari sebelumnya di Dataran Tinggi Golan yang mengakibatkan luka-luka dan hilangnya nyawa,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan. (ap/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *