Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || "Hari Radio Republik Indonesia (RRI) 11 September 2014 Awal Tonggak Sejarah Informasi yang Cepat & Kawah Candra Dimuka Pentingnya Informasi & Berita Secara Terus Menerus yang Sangat Berarti Buat Rakyat & Negara Indonesia dalam Membangun Ilmu Pengetahuan, Wawasan serta Kecerdasan Bangsa." ||

DPRD Desak KPU Beri Foto Surat Suara Pileg

09 Apr 2013 // 14:05 // PILEG, POLITIK & PEMERINTAHAN

SURABAYA (suarakawan.com) – Agar calon legislatif dapat dikenali oleh masyarakat dalam pemilihan legislatif 2014, komisi A DPRD Jatim mendesak KPU Jatim memberi foto Caleg dalam kertas suara.

Pemberian foto pada kertas suara ini untuk mencegah tingginya angka golput, lantaran sebagian masyarakat masih ada yang buta huruf sehingga tidak dapat membaca nama-nama Caleg.

“Kita meminta KPU jatim membubuhkan foto caleg di kertas suara, sehingga masyarakat yang tidak bisa membaca dapat mengenali caleg yang sesuai keinginannya dengan melihat foto caleg,” ujar anggota Komisi A DPRD Jatim, Saut Marisi Siahaan saat di DPRD Jatim, Selasa (09/04)

Dikatakannya pemilihan legislatif sebelumnya KPU tidak membubuhkan foto caleg dalam kertas suara.

Padahal sekitar 40 persen perempuan di daerah pelosok masih buta huruf sehingga tidak mengenali nama caleg yang dianggap dapat mewakilinya.

Jika hanya diberi nama caleg saja tanpa foto, maka masyarakat dapat salah pilih caleg yang disenanginya.

“Masyarakat cenderung lebih memilih golput, daripada ribet mencari nama caleg yang dikehendakinya. Bisa juga salah pilih karena namanya sama,” ujar Saut yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat Jatim

KPU tidak perlu khawatir terjadi pemborosan dana jika kertas suara diberi foto Caleg yang bersangkutan, lantaran kertas tidak terlalu besar ukurannya. Ukuran foto tiap Caleg dapat dibuat 2×2.

Jika tiap partai ada 10 caleg, maka 10 partai yang ikut Pileg ukuran kertas suara hanya 50 centimeter. (aca/era)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda