Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || "Semarak HUT RI yang ke 69 untuk Mewujudkan Cita-cita Pendiri Republik Indonesia Sesungguhnya untuk Memajukan Negara serta Rakyat Indonesia Sejahtera & Makmur BUKAN Menggerogoti aset-aset Negara & menjadi Koruptor-koruptor Negara" ||

Porprov Jatim 2013 Pertandingkan 30 Cabor

28 Jan 2013 // 17:09 // ALL SPORTS, OLAHRAGA

SURABAYA (suarakawan.com) – Jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim IV 2013 dipastikan bertambah banyak. Kepastian itu setelah KONI Jatim menambahkan 4 cabor baru di ajang multi even Jatim dua tahun sekali itu.

Keempat cabor baru tersebut yaitu judo, aeromodeling, voli pantai dan futsal. Dengan tambahan 4 cabor ini maka even yang digelar di Madiun, Juni mendatang, maka jumlah cabor yang dilagakan sebanyak 30 cabor dan 380 nomor pertandingan.

“Porprov Jatim III 2011 lalu mempertandingkan 26 cabor dengan 296 nomor. Tahun ini, ada tambahan 4 cabor sehingga menjadi 30 cabor dengan 380 nomor,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jatim, Irmantara Subagyo ketika ditemui di KONI Jatim, Senin (28/01).

Dijelaskan, setelah menetapkan empat cabor tambahan, KONI Jatim langsung menentukan nomor-nomor yang akan dipertandingkan. Untuk judo akan mempertandingkan 16 nomor, aeromodeling ada 8 nomor, voli pantai 2 nomor dan futsal mempertandingkan 1 nomor.

“Orientasi kita menggelar Porprov untuk melakukan pembibitan atlet muda. Nantinya, mereka yang berprestasi dipersiapkan dalam kejuaraan tingkat nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Dengan alasan itulah, maka cabor dan nomor pertandingannya menyesuikan dengan yang dipertandingkan di PON,“ jelasnya.

Karena penyesuain inilah ada beberapa cabor yang ditambah dan dikurangi nomor pertandingannya. Beberapa cabor yang ditambah nomor pertandingannya diantaranya, atletik dari 30 menjadi 34 nomor, balap sepeda dari 8 menjadi 10 nomor, brigde dari 4 menjadi 6 nomor dan panahan dari 22 menjadi 30 nomor.

Selain itu, masih ada cabor gulat dari 16 menjadi 21 nomor, wushu dari 16 menjadi 18 nomor, taekwondo dari 16 menjadi 18 nomor dan senam dari 16 menjadi 18 nomor. Sedangkan, cabor yang yang dikurangi nomor pertandingannya antaranya kempo dari 22 menjadi 18 nomor, biliar dari 10 menjadi 7 nomor dan tinju dari 9 menjadi 7 nomor.

“Kita ingin yang sungguh-sungguh. Jadi, nomornya juga jangan yang mengada-ada. Kita sesuaikan dengan kejurnas atau PON. Semua atlet yang akan bertanding di Porporv Jatim 2013 dibatasi maksimal berusia 21 tahun. Alasannya, atlet-atlet terbaik di Porprov tahun ini masih memungkinkan untuk tampil PON yang akan datang,” jelasnya. (Bng/era)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda