Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || 21 April 2014 Merupakan Hari Kartini sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.||

Aktifis Lingkungan Jatim Hari Ini Akan Turun Ke Kali Surabaya

14 Jul 2012 // 10:38 // GAYA HIDUP, LINGKUNGAN

GRESIK (suarakawan.com) – Hari ini, Sabtu (14/07) Para aktifis lingkungan di Jawa Timur dan Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton), akan melakukan revitalisasi atau penyeimbangan alami pada kondisi Kali Surabaya yang tercemar limbah tiga pabrik, yaitu pabrik Gula Gempolkerep, PT. Tjiwi Kimia dan PT. Aluaksara Pratama.

Rencananya Aksi puluhan aktivis pemerhati lingkungan tersebut dimulai pagi ini sekitar jam 10.00 WIB dan berakhir hingga Minggu esok hari. Direktur Ecoton Prigi Arisandi, mengatakan, kegiatan ini sengaja kami lakukan bersama seluruh elemen pemerhati lingkungan di Jawa Timur karena kondisi Kali Surabaya perlu segera direvitalisasi. “Dalam kegiatan ini rencananya juga akan ada ruwatan dan gelar do’a dengan menghadirkan tumpeng yang diikuti oleh anak-anak,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, dalam kesempatan ini pula akan dilakukan penebaran benih ikan asli Kali Surabaya seperti ikan Rengkik, ikan Kething, ikan Bader dan Belut. “Khusus untuk benih ikannya kami mendatangkan dari Kabupaten Lamongan kurang lebih 15 ribu benih ikan,” jelasnya.

Hingga sekarang, lanjut Prigi, untuk mendukung kegiatan – kegiatan penyelamatan lingkungan, ecoton sudah memiliki sepuluh perahu karet dan satu speed boat.

Prigi berharap dengan kegiatan yang akan dilangsungkannya tersebut, seluruh stakeholder strategis macam para tokoh masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah setempat sebelum melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan pencemaran atau perusakan pada lingkungan alam sekitarnya bisa sedikit mempertimbangkan kearifan lokal yang ada.

Seperti diberitakan, Kali Surabaya sering kali dicemari limbah pabrik-pabrik yang ada di sekitaran atau bantaran Kali dan akibatnya ribuan ikan mati serta kondisi air kali Surabaya menjadi tercemar dan tidak sehat.(Ika/jto).

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda