Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || "Hari Radio Republik Indonesia (RRI) 11 September 2014 Awal Tonggak Sejarah Informasi yang Cepat & Kawah Candra Dimuka Pentingnya Informasi & Berita Secara Terus Menerus yang Sangat Berarti Buat Rakyat & Negara Indonesia dalam Membangun Ilmu Pengetahuan, Wawasan serta Kecerdasan Bangsa." ||

Komunitas Peduli Skizofrenia (Gangguan Kejiwaan) Indonesia

26 Jun 2012 // 17:21 // GAYA HIDUP, KOMUNITAS

SURABAYA (suarakawan.com) – Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional dan tingkah laku. Pasien Skizofrenia memerlukan kepercayaan dalam harapan dan semangat dalam hidup yang selalu harus ada di dalam setiap pasien jiwa, selain mendapat perawatan dan keahlian kedokteran jiwa.

Berawal dari semangat keluarga pasien Skizofrenia, terbentuklah sebuah Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). KPSI sudah terbentuk sejak 4 tahun di lalu di Jakarta yang dalam 1 tahun terakhir ini mulai berkembang di Surabaya. Komunitas yang didampingi oleh Spesialis Kejiwaan dari RSJ menur dan RS dr.Sutomo Surabaya ini memiliki misi menyebarkan informasi kesehatan mental khususnya bagi penderita skizofrenia Indonesia dan keluarganya, juga untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Tiga bulan sekali komunitas ini mengadakan perkumpulan di tempat-tempat terbuka, seperti kebun bibit Surabaya, untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Diantaranya nonton film, melukis, dan juga sharing kesehatan. Para dokter yang tergabung dalam komunitas ini berharap bisa melakukan banyak lagi kegiatan sesuai hobi dari pasien, agar para pasien bisa memiliki kegiatan aktif dan proses sembuh bisa lebih cepat.

“Saya berharap dengan adanya komunitas ini bisa membantu para pasien dan keluarga untuk aktif dan saling mendukung kesembuhan. Kami dari pihak dokter pasti akan membantu sesuai waktu dan kemampuan. Asalkan pasien mau berobat dan ingin sembuh,” terang Konsultan Psikiater, KRT Th A Hendro Riyanto, dr, SpKJ, MM. saat ditemui suarakawan.com disela kesibukannya di RS Jiwa Menur Surabaya.

Tapi sayang, hingga kini masih banyak orang yang mengalami gangguan jiwa malu untuk bergabung dengan komunitas ini. Karena mereka mengganggap yang dialaminya hanya gangguan sakit biasa. Dan tidak adanya dukungan dari pihak keluarga.

Dr. Hendro juga mengajak masyarakat yang peduli pada para penderita Skizofrenia untuk hadir dalam pertemuan KPSI pada hari minggu, 1 Juli 2012 di Taman Prestasi pukul 09.00 WIB. Mari belajar lebih banyak tentang kesehatan mental! (dm/era)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Artikel Terkait

1 Comment

  1. yunaito says:

    maaf sebelumnya.. tapi saya mau tanya apakah salah seseorang yang mengidap scizofrenia atau bipolar atau apalah itu.. jujur saya merasa bahwa saya tidak seperti kebanyakan orang normal.. dari gejala gejala pengidap scizofrenia yang saya ketahui dari berbagai sumber saya merasa bahwa saya juga termasuk pengidap scizofrenia.. tolong berikan tanggapannya…

Tinggalkan Komentar Anda