Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || "Hari Raya Idul Fitri 1435 H / 2014 M, Cermin & Pelajaran dari Nuansa Ramadhan yang Penuh Beramal, Beribadah & Bersyukur kepada Ilahi Ya ROBBI. Serta menjadi Kodrat Manusia Hakiki, Mengasihi, Menyayangi Kepada Sesama Bukan Sebagai Ajang Pamer Kekayaan Duniawi & Kesombongan." ||

Pangdam V Brawijaya buka TMMD di Gresik

23 May 2012 // 12:42 // KABUPATEN-KOTA, POLITIK & PEMERINTAHAN

GRESIK (suarakawan.com) – Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 88 di kabupaten Gresik Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito mengatakan, TMMD adalah sebagai bentuk kepedulian TNI sebagai bagian dari warga negara untuk bersama-sama membantu proses percepatan pembangunan daerah.

“Gresik adalah satu diantara enam kabupaten di Jawa Timur yang di tempati kegiatan TMMD,” ucap Pangdam dalam sambutannya.

Pangdam melanjutkan, dalam TMMD, ada dua bentuk sasaran yang akan dilakukan, pertama adalah kegiatan pembangunan yang bersifat fisik dan kedua adalah bersifat non fisik, sedangkan pemilihan lokasi berdasarkan usulan dari bawah. Kali ini, lokasi TMMD diletakkan di Desa Kandangan Kecamatan Duduk sampean, sebuah desa terpencil yang cukup jauh dari akses jalan raya dan seringkali dilanda musibah banjir.

“Jadi sangat tepat bila TMMD dilaksanakan di sini,” tutup Mayjend Murdjito.

Sementara itu, Dandim 0817 Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto mengatakan, sebelumnya kami sudah melakukan persiapan di lokasi Desa Kandangan Kecamatan Duduk Sampean yang melibatkan 62 pasukan TNI dan 32 warga masyarakat, sedangkan dalam pelaksanaannya nanti akan melibatkan lebih banyak Pasukan.

“Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung selama 21 hari,” ucap Dandim.

Dandim melanjutkan, sasaran lain TMMD dibantu oleh warga masyarakat setempat ini adalah pembangunan fisik yang meliputi Pemakadaman jalan, pembuatan jembatan plat, renovasi musholah, rehab rumah penduduk, pembuatan MCK, penghijauan, pavingisasi, pembangunan gorong-gorong, rehab Masjid, pembangunan jamban keluarga, pembangunan perpustakaan, pembangunan jalan usaha tani, penebaran benih ikan nila, perehaban SDN, serta pengobatan dan pelayanan KB secara gratis.

Seusai melakukan upacara pembukaan di halaman kantor Pemkab Gresik Jl. Wahidin Sudiro Husodo, Pangdam V Brawijaya Mayjend Murdjito langsung meninjau lokasi di dampingi Dandim 0817 Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto, Kapolres Gresik AKBP Zulfikar Tarius dan Bupati Gresik Sambari Halim.( ika/jto)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda