Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2014 Bukan Hanya Dikenang & Diperingati Apalagi Memporakporandakan melainkan Seluruh Warga Negara Indonesia Dapat Menjalankan Perjuangannya Secara Benar Nilai-Nilai Pancasila & Semua Kita Adalah Bersaudara ||

15 Ribu Jamaah Shalat Id Di MAS

31 Aug 2011 // 13:53 // KERAGAMAN, RELIGI

SURABAYA (Suarakawan.com) – Sekitar 15. 000 Jamaah melakukan sholat Idul Fitri 1432 H di Masjid agung Surabaya (MAS) Surabaya Rabu (31/08). Mereka memenuhi bagian dalam masjid dan lapangan.

“Kapasitas di dalam mesjid 10.000 jamaah. Di lapangan lebih dari 5.000 jamaah,” ujar Humas Masjid Agung Surabaya, Helmi M Noor, saat ditemui usai sholat Idul Fitri di Masjid Agung Surabaya, Rabu (31/08).

Jamaah mulai berdatangan pada pukul 05:00 WIB. “Pengen kebagian di dalam,” ujar Ida, salah satu jamaah. Ini kali pertamanya bershalat Ied di mesjid ini. Biasanya ia sholat di Mundu dekat rumahnya. “Sekali-sekali pengen nyobain di Masjid Agung Surabaya,” jelasnya.

Pantau dilapangan dua rakaat salat id terlalui. Tak ada yang beranjak, puluhan ribu jamaah beberapa ada yang berbedah membetulkan letak sajadah dan mukenahnya (bagi muslimah). Yang lainnya tetap khusyuk mendengarkan khotbah “Puasa dan Pendidikan Karakter Bangsa” oleh Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Dr H Nur Syam.

Angka pengumpulan zakat fitrah, maal dan infaq tidak pernah diragukan lagi. Tahun ini MAS, zakat fitrah berupa beras terkumpul sebanyak 477,5 kg dan uang Rp 48.355.100. Zakat maal sebanyak Rp 250.544.000 sementara infaq Rp 39.714.900.

“Seluruh zakat yang terkumpul dari jamaah kami, semalam sudah kami sebarkan kepada para mustahik yang membutuhkan,” katanya. (aca/nas)

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda