192 TKI Ilegal Dipulangkan, 1 TKI Alami Gangguan Jiwa

SURABAYA – Sebanyak 192 tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal asal Jawa Timur yang dideportasi dari Malaysia tiba di Surabaya, Rabu (30/3) siang melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan menggunakan kapal Ciremay dan dipulangkan ke kampung halamannya.

Dari 192 TKI ilegal yang dipulangkan hari ini, salah satunya mengalami gangguan jiwa, yakni Ani Kiat. Perempuan asal Lumajang ini sempat menolak turun dari kapal. Satuan Tugas (Satgas) pemulangan TKI Disnakertrans terpaksa menurunkan Ani.

Sementara Yana asal Lamongan terlihat dari kejauhan sambil menggendong anak balita yang masih berusia 3 minggu. Yana mengaku ia melahirkan anak pertamanya di penjara Malaysia. Sebelum dipulangkan ke Indonesia, para TKI dan TKW Ilegal ini sempat menjalani masa tahanan di Malaysia karena tidak memiliki dokumen resmi.

Berdasarkan data Dinaskertrans Jatim, selama bulan Januari hingga akhir Maret 2011, total TKI asal Jatim yang dideportasi dan sudah dipulangkan dari Malaysia mencapai 1300 orang.

“Ya saya yakin jumlah ini akan terus bertambah. Sebab masih banyak TKI ilegal yang belum dipulangkan.” terang  Koordinator Pemulangan TKI Dinaskertrans Jatim. (bs/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "192 TKI Ilegal Dipulangkan, 1 TKI Alami Gangguan Jiwa"