18 Napi Lapas Kerobokan Dipindah Ke Porong

SIDOARJO (suarakawan.com) – Pasca kerusuhan dan pembakaran lapas Kerobokan Denpasar, Bali, akhirnya Kemenkum HAM memindahkan beberapa napi yang di Lapas Kerobokan, Bali ke Lapas kelas I Porong, Sidoarjo.

Sebanyak 87 napi yang rencananya akan dipindahkan ke Lapas Porong akhirnya dibagi menjadi tiga tempat yakni disebar di Lapas Jember,Lapas Banyuwangi dan sisanya Lapas Porong.

Menurut Mashudi Kakanwil Kemenkum Ham Jatim, sebenarnya jumlah keseluruha napi yang dipindakan ke Lapas Porong 87 napi, namun karena faktor teknis akhirnya yang dipindah ke Lapas Porong hanya 18 napi saja, dan ke 18 napi tersebut akan diletakan di blok E sampai mereka selesai menjalani sisa masa tahanan.

“Sebagaian besar yang ada di Lapas Porong ini, masa tahananya akan habis ditahun 2012 ini,” ucap Mashudi, Sabtu (25/02)

Dalam pantauan suarakawan.com, kedatangan napi Lapas Kerobokan , Bali ke Lapas kelas I Porong dikawal sangat ketat oleh puluhan anggota Brimob yang bersenjatakan lengkap dari Polda Bali. Dan sebelum dimasukan ke ruangan tahanan mereka dikumpulkan dulu dan didata kesehatanya.

Sekedar diketahui, pada tanggal 21 Februari 2012 pukul 23.00 WITA, Penjara Kerobokan yang berisi sekitar 1.000 narapidana terbakar. Api yang berasal dari ruang kantor depan lembaga pemasyarakatan kemudian merembet ke semua blok tahanan. Sehingga, menimbulkan kerusuhan karena para tahanan harus mendobrak pintu penjara untuk keluar.(dik/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "18 Napi Lapas Kerobokan Dipindah Ke Porong"