17 Fakta Seputar Piala Oscar

Tidak ada komentar 7 views

LOS ANGELES (suarakawan.com) -Pergelaran Academy Awards atau Piala Oscar yang akan berlangsung di Kodak Theatre, Los Angeles, malam ini merupakan yang ke-84. Pada ajang penghargaan paling prestisius bagi insan film di Amerika Serikat dan dunia itu terdapat banyak fakta menarik. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar Piala Oscar:

1. Ada tiga perdebatan bagaimana patung piala Oscar diberi nama Oscar. Perdebatan utama adalah nama Oscar berasal dari nama suami pertama aktris berkebangsaan Amerika Serikat Bette Davis, Oscar Nelson.

2. Walt Disney paling banyak memenangi Oscar. Walt Disney menjadi nomine untuk 64 kali dan 26 kali menang. Ini mungkin karena dia mempunyai studio sendiri.

3. Titanic (1997) adalah film yang paling banyak menerima nominasi dengan 14 nominasi.

4. Karpet merah di Kodak Theatre panjangnya sekitar 500 meter.

5. Film-film yang banyak meraih Oscar, antara lain, Ben Hur (1959), Titanic (1997) dan The Lord Of The Rings: The Return Of The King (2003). Semua film itu memenangi Oscar lebih dari 11 kali, The Return Of The King satu-satunya film yang telah memenangi semua Oscar yang dinominasikan.

6. Purple Color (1985) memiliki 11 nominasi Oscar. Tapi tidak menang satu pun.

7. Kevin O’Connell, aransemen musik di film, 20 kali menjadi nomine Oscar untuk film Twister (1996), Armageddon (1998) dan Spiderman (2002). Tapi, sayang dia belum pernah memenanginya.

8. Meryl Streep menjadi nomine aktris paling banyak dibandingkan aktris lain dengan total 17 kali. Prestasi itu melebihi prestasi Katherine Hepburn dengan 12 kali nominasi.

9.Untuk membuat patung Oscar perlu biaya ratusan dolar. Ini karena bahannya terdiri dari tembaga, timah dan emas, masing-masing 13,5 inci dan berat sekitar £ 8,5.

10. Hattie McDaniel adalah aktris kulit hitam pertama yang memenangi Oscar. Pada 1939 dia memenangi Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai ibu dalam Gone with the Wind (1939).

11. Berharap bisa memenangi Sutradara Terbaik untuk pertama kali tahun 1976 untuk Jaws, Steven Spielberg menyewa kru untuk film dokumenter reaksinya. Ketika ia tidak memenangi Oscar, Spielberg malah tertangkap kamera mengatakan, “Aku tidak percaya itu – mereka pergi untuk Fellini, bukan aku!”

12. Avatar (2009) adalah film yang meraup laba tertinggi, tapi tidak memenangi Oscar untuk Film Terbaik di tahun itu. Sebaliknya ia memenangi 3 Oscar untuk Best Achievement di Efek Seni Arah, Sinematografi, dan Visual.

13. Orang tertua yang memenangi Oscar adalah Jessica Tandy, usia 81 tahun. Dia memenangi Aktris Terbaik untuk Driving Miss Daisy (1989).

14. Orang termuda yang pernah memenangi Oscar adalah Tatum O’Neal, usia 10. Dia memenangi Oscar Aktris Pendukung Terbaik untuk Paper Moon (1973). Meski Shirley Temple memenangi Oscar kehormatan berusia 6 tahun.

15. Julia Roberts lupa mengucapkan terima kasih kepada Erin Brokovich ketika menerima Aktris Terbaik saat bermain di Erin Brokovich. Julia memenangi Aktris Terbaik pada 2000.

16. Judul film terpanjang dinominasikan untuk Best Picture adalah Dr Strangelove atau Bagaimana Saya Pelajari Berhenti Khawatir dan Love The Bomb (1964).

17. Judul film terpendek dinominasikan untuk Best Picture, yakni Z (1969) (dew)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "17 Fakta Seputar Piala Oscar"