Indahnya Sholat Berjama’ah Bersama Keluarga

M. Zulfi Azwan

SURABAYA (suarakawan.com) – Memang tidak dapat dipungkiri sholat berjama’ah sangatlah utama bagi kaum muslim dan muslimat. Disamping mendapatkan pahala yang besar sesuai janji Allah SWT dengan 27 derajat dibandingkan sholat sendirian/munfarid.

Maka didalam bulan suci Romadhan betapa nikmatnya dapat bersama-sama melakukan sholat berjama’ah terutama di masjid-masjid dan musholla. Mulai sholat wajib sampai dengan sholat sunnah tarawih, tahajjud, hajat dan lainnya.Sudah barang tentu mendapatkan hikmah yang sangat besar, bahwa sadar atau tidak akan terjalin hubungan silaturrahmi diantara para jama’ah, mendapatkan rasa persaudaraan satu dengan lainnya serta berbagi rasa & peduli untuk membuka hati saling mengasih, membantu dan ikhlas menolong.

Disamping itu, bagaimana sholat berjama’ah dengan keluarga? Sehingga perlu menjadi perhatian bersama agar mereka juga dapat terlatih untuk sholat berjama’ah. Hal ini dapat juga dilakukan untuk mengajak mereka ke mesjid atau musholla, tetapi di lain waktu karena ingin bersama para keluarga dapat juga dilaksanakan sholat berjama’ah di rumah apalagi di bulan suci ramadhan ini.

Biar bagaimanapun sholat berjama’ah bersama keluarga disana ada makna tersendiri, karena secara tidak langsung ketika ada perbedaan-perbedaan sehingga terjadi diskusi yang menarik buat anak-anak dan isteri. Bahkan sangat menariknya terjadi silang pendapat dan pertanyaan-pertanyaan yang dimungkinkan mereka tidak biasa melakukannya.

Seperti halnya do’a qunut, setelah sholat tarawih yang diakhiri dengan witir, maka pada saat rakaat witir yang terakhir setelah i’tidal (dengan takbir SamiAllah Huliman Hamidah)langsung dilakukan do’a qunut, mereka bertanya kenapa kok ada do’a qunut, menurut hemat kami karena do’a qunut adalah do’a mu’aqod yang sangat baik dilakukan, serta lazim digunakan saat sholat shubuh. Dan banyak hal-hal yang menjadi diskusi diantara kita, yang akhirnya sebagai khasanah ilmu pengetahuan yang berguna untuk dunia dan akhirat.

Agar mereka juga mendapatkan siraman-siraman agama (religi) yang didapati kepala keluarga dari proses belajarnya diluar dapat diberi, tukar fikiran serta diterapkan bagi keluarga tersebut. Sebagaimana firman Allah SWT mengatakan “Quu anfusikum wa-ahlikum naaro,’artinya jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” Bertitik tolak hal tersebut alangkah indahnya secara perlahan-lahan bagi keluarga muslim dapat memberikan pengajaran, memberitahunya dan mengamalkan ilmunya. Tanpa disadari keluarga itu menjadi transformasi yang secara terus menerus bermakna sebagai ummat ALLAH SWT & Rasulullah SAW.(*)

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Indahnya Sholat Berjama’ah Bersama Keluarga"