116 Negara Tawarkan Bantuan ke Jepang

Tidak ada komentar 3 views

TOKYO – Sebanyak 116 negara dan 28 organisasi internasional telah menawarkan bantuan kepada Jepang, Rabu (16/3) malam untuk menangani pasca gempa Jumat lalu dan tsunami. Demikian kata Departemen Luar Negeri Jepang.

Sementara itu, misi diplomatik Jepang di luar negeri sudah mulai mengumpulkan dana untuk membantu korban bencana.

Kedutaan besar Jepang, konsulat dan kantor lainnya akan menerima sumbangan hingga Rabu 23 Maret 2011 mendatang. Dan dana akan dikirim ke Palang Merah Jepang Society.

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter disusul tsunami Jumat (11/3) lalu, menghancurkan banyak wilayah di Jepang timur laut. Tim penyelamat dari 11 negara, termasuk China, Korea Selatan dan Amerika Serikat, telah bekerja di daerah bencana, sesuai dengan pelayanan.

Pada hari Rabu (16/3) kemarin, sekitar 200 relawan dari Amerika Serikat dan tim penyelamat Inggris terus melakukan pencarian dan operasi penyelamatan di kota Ofunato di Prefektur Iwate, salah satu wilayah yang rusak parah.

“Saya terkesan dengan tim penyelamat Jepang yang terus berupaya mencari korban yang selamat. Situasi ini juga menjadi tanggung jawab saya untuk menyelamatkan Jepang,” kata relawan AS, David Whitney (47).

Sementara itu, mengutip Interfax kantor berita Rusia, dua pesawat Rusia yang membawa total 75 relawan, termasuk ahli atom untuk membantu menangani masalah di pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima Prefektur, tiba di Tokyo.

Indonesia juga telah mengirimkan bantuan berupa uang dan 15 relawan ke Jepang pada hari ini Kamis (17/3). Sementara bantuan berupa selimut dari Thailand dijadwalkan tiba Kamis pagi tadi. (KN/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "116 Negara Tawarkan Bantuan ke Jepang"