1000 digit Pi ala Dosen ITS gemparkan dunia

Angka eksak Pi yang telah menjadi misteri selama ratusan tahun berhasil dipecahkan oleh Dosen ITS. Adalah Drs. Ali Rohedi Yunus, MT, dosen dari jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), berhasil menemukan Pi hingga 1000 digit di belakang koma.

Bahkan Rohedi bisa menuliskan angka misterius tersebut hanya dalam 10 menit di whiteboard. Beliau tidak menghafal, melainkan menggunakan metode matematika baru yang beliau temukan sendiri. Penemuan ini telah menggemparkan dunia karena selama ini angka eksak Pi memang selalu menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan.

Pi adalah angka yang diperoleh dari pembagian keliling sebuah lingkaran dengan diameternya. Dengan bantuan Pi ini kita bisa menghitung keliling dan luas lingkaran dengan berbekal data garis tengah lingkaran. Tidak hanya itu, ternyata Pi juga digunakan secara luas di berbagai perhitungan matematika.

Berikut ini adalah tayangan video dari Youtube tentang temuan Rohedi

Penemuan Rohedi tersebut kini sedang dalam proses pengurusan hak paten dan akan dipublikasikan di jurnal internasional. Sosok dosen asal Madura yang dikenal rendah hati ini berjanji tidak lama lagi akan membeberkan formula temuannya kepada para mahasiswa.

Dipastikan Rohedi, temuannya ini akan membuat heboh ilmuwan seluruh dunia. Untuk membuktikan formula temuannya yang disebut sangat sederhana namun dahsyat ini, Rohedi berencana mendaulat kedua putrinya, Denaya Lesa dan Nadya Fermega, untuk mendemonstrasikan perhitungan seribu digit angka eksak Pi secara cepat. Kini beliau sedang mencari sponsor produk dan media yang bersedia memfasilitasi niatnya tersebut. (sk/buo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *